Cara Mengatasi Hardisk Read Only atau Write Protected

Pada saat ini, kita semua dimudahkan dengan adanya teknologi yang ada pada saat ini. Selain memudahkan juga sangat membantu kita, salah satu teknologi yang sangat ini sedang naik daun adalah komputer atau laptop. Karena dengan komputer kita bisa melakukan banyak hal selain mengetik, yaitu seperti saat ini, pada tahun 2020 ini yang dimana kita di anjurkan untuk bekerja dan belajar dari rumah masing – masing dengan demikian kita membutuhkan sebuah alat yang dimana kita bisa gunakan sebagai media untuk berkomunikasi.

Seperti yang dikatakan tadi, bahwa pada saat ini komputer merupakan perangkat yang sedang naik daun. Karena banyak orang khususnya kita yang memakainya karena sangat dibutuhkan pada saat ini, mungkin bisa menggunakan handphone sebagai media, namun dengan layer yang kecil memungkinkan orang untuk menggunakan komputer. Komputer atau laptop yang kita gunakan pada saat ini pasti memiliki komponen penting didalamnya, karena jika satu komponen bermasalah pasti akan mengalami kendala.

Seperti halnya crash, blue screen, lag atau sebagainya. Di suatu perangkat pasti memiliki ruang penyimpanan di dalamnya, bahkan handphone kita memiliki ruang penyimpanan dan jika kurang kita bisa menggunakan memory card sebagai ruang penyimpanan tambahan. Begitu pula dengan komputer atau laptop kita, yang dimana mempunyai ruang penyimpanan tersendiri di dalamnya. Yang biasa kita sebut hardisk dan jika kita masih kurang dengan ruang penyimpanan yang berada di dalam perangkat kita bisa tambahkan dengan hardisk eksternal.

Hardisk eksternal bisa kita pasang dan lepas sesuai dengan keinginan kita. Karena sangat efektif dan efisien kita bahkan bisa bawa kemana – mana. Di dalam suatu perangkat pasti mengalami masalah atau trouble, hal seperti ini tidak bisa kita prediksikan akan terjadi karena suatu masalah pasti ada faktor penyebab. Seperti halnya, komponen penting yang ada pada komputer atau laptop kita terkena air atau kotor dan dari faktor kualitas dari komponen tersebut.

Salah satu masalah yang bisa terjadi pada hardisk kita ialah pada saat hardisk kita berstatus read only, yang dimana kita hanya bisa melihat apa yang ada di dalam hardisk tersebut dan kita tidak bisa menghapus atau merubah yang ada di dalamnya, namun kita masih bisa menyalin ke ruang penyimpanan lainnya tetapi kita tidak bisa menyalin suatu file ke hardisk yang berstatus read only. Hardisk yang berstatus read only bisa di ketahui saat kita tidak bisa menghapus file yang ada di dalamnya.

Selanjutnya bisa kita cek ke disk management. Cara melihatnya,
Pertama kita buka file explorer, selanjutnya klik kanan pada this pc dan pilih manage, lalu kita klik storage dan pilih disk management. Di situlah kita bisa melihat status suatu hardisk, situasi seperti ini menyebabkan kita tidak bisa merombak yang ada di dalam hardisk, namun ada cara untuk mengatasi masalah diatas.

Cara mengatasi hardisk read only atau write protected :
1. Pertama, buka terlebih dahulu run atau windows + R, setelah itu kita ketikkan diskpart dan Ok,
2. Setelah itu akan muncul menu seperti halnya CMD, lalu kita ketikkan list disk dan enter. Untuk melihat disk yang ada pada komputer kita dan dianjurkan untuk melihat ke disk management agar mengetahui disk manakah yang berstatus read only,
3. Setelah mengetahui disk mana yang berstatus read only, selanjutnya kita ketikkan select disk. Berhubung disini yang bermasalah disk 2 jadi select disk 2,

4. Selanjutnya kita ketikkan atau perintahkan list volume, disini kita pilih disk yang  bermasalah. Bisa kita lihat di bagian label, disini disk 2 diberi nama ERHA, sehingga kita pilih select volume 6,
5. Selanjutnya kita ketikkan detail disk dan enter, akan muncul beberapa keterangan dan kita bisa cek bahwa read only : yes

6. Selanjutnya kita ketikkan atau perintahkan attr disk clear readonly dan enter,
7. lalu kita ketikkan atau perintahkan attr volume clear readonly dan enter,
8. selesai, sekarang kita bisa periksa Kembali dengan perintah detail disk.

Penutup
Demikian cara mengatasi hardisk yang berstatus read only atau write protected, bisa kita coba dan praktekkan, semoga cara diatas dapat mengatasinya, terima kasih.

меники ✤ ASSALAMUALAIKUM WR.WB

0 Response to "Cara Mengatasi Hardisk Read Only atau Write Protected "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel