Cara Install Sistem Operasi Linux pada Virtual Box

Pada saat ini, kebanyakan orang yang mempunyai laptop atau PC pasti menggunakan sistem operasi di dalamnya, pastinya jika tidak maka laptop atau PC kita tidak berjalan dengan baik. Sistem operasi bisa di golongkan dalam software yang dimana sebagai penghubung antara hardware dan software lainnya. Pada saat ini kebanyakan orang menggunakan sistem operasi windows untuk PC kita, karena mungkin kita sudah di kenalkan oleh windows sudah lama, jadi bisa di bilang sudah terbiasa dengan windows dan juga windows terbilang sangat mudah untuk di operasikan. Namun siapa sangka pada saat ini, sistem operasi tidak hanya windows saja.

Banyak sistem operasi lainnya yang sudah dikembangkan, diantara lainnya yaitu mac os dan linux.  tentunya sistem operasi diatas termasuk windows juga ada poin plus dan juga poin minus nya juga, ya bisa dibilang ada kelebihan dan kekurangannya masing - masing tergantung penggunaannya bagaimana. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sistem operasi Linux, yang dimana sistem operasi Linux cukup terkenal setelah windows. 

Memang bisa dikatan bahwa Linux sangat berbeda dengan system operasi windows, Linux terbilang ringan untuk spek pc yang rendah. Namun Linux sendiri sangat tidak di anjurkan untuk beberapa software yang mana di khususkan untuk windows, seperti halnya game di Linux tidak di anjurkan. Linux sendiri banyak macam distibusinya yaitu, Ubuntu,OpenSUSE, Fedora,BackTrack, Mandriva, Linux Slackware, Gentoo, Linux Google Chrome OS, ClearOS ,Red Hat, CentOS (Community ENTerprise Operating System) ,Sabayon Linux, Xandros,Knoppix, PCLinuxOS, Debian.

Lalu bagaimana cara atau proses penginstallan Linux itu, berikut kita akan membahas tentang bagaimana cara menginstall sistem operasi Linux pada virtual box, jika kita ingin menginstall secara nyata yaitu langsung diterapkan pada PC, kita cukup menyediakan flashdisk sebagai penyimpananya. Sebelumnya kita sudah harus mempersiapkan file ISO Ubuntu yang ingin kita install.

Cara Menginstall Sistem Operasi Linux pada Virtual Box:

Pertama kita buat virtual machine terlebih dahulu di virtual box, di bawah kita atur typenya linux karena kita menginstall ubuntu dan versinya Ubuntu(32bit) karena isonya pakai yang 32bit. tergantung dengan spek PC kita.

Selanjutnya kita atur RAM,Untuk RAM kita atur 1200 MB.
Selanjutnya kita atur ROM,Untuk ROM kita atur 15 GB. (tergantung berapa penyimpanan PC kita, sesuaikan saja.)

Untuk pengaturan selain diatas, di sarankan untuk diatur default saja. Setelah selesai pembuatan machine nya selanjutnya kita start saja, dan untuk step di bawah ini, kita cari iso Ubuntu yang ingin kita install. Di sini kita menginstall Ubuntu 32bit jadi pilih yang 32 bit.
Setelah beberapa proses selanjutnya akan sampai ke tahap pemilihan install Ubuntu dan try Ubuntu, disini kita pilih Install Ubuntu.

Disini kita pilih saja yang pertama, Download Updates while Installing Ubuntu.
Disini kita pilih, pilihan pertama, erase Disk and Install Ubuntu.
Jika terdapat notice seperti ini, kita klik continue saja.


Lalu kita pilih tempat dimana kita berasal atau pilih untuk mengatur waktu.pilih saja Jakarta.
Selanjutnya kita atur nama pc kita atau username di Ubuntu kita, dan kita disuruh untuk memasukkan password untuk Ubuntu kita, lalu jika sudah kita klik continue.
Lalu kita tunggu proses installasi sampai selesai. proses ini akan cepat tergantung dengan spek PC kita.
Jika installasi selesai akan keluar notice seperti ini, kita klik restart now.
Jika proses restart sudah selesai akan ada step seperti dibawah ini, kita klik enter saja. Karena kalau di tunggu sampai besok tidak akan selesai.
Lalu kita disuruh untuk memasukkan password yang tadi sudah kita atur. Untuk masuk ke Ubuntu.
Proses installasi pun selesai, kita sekarang dapat menggunakan sistem operasi linux.
Penutup
Demikian cara menginstall sistem operasi linux, dapat kita terapkan pada masing - masing device kita. semoga artikel kali ini bermanfaat, terima kasih.


 

меники ✤ ASSALAMUALAIKUM WR.WB

0 Response to "Cara Install Sistem Operasi Linux pada Virtual Box "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel